1.7.12

Nyobain BikeBdg, bike sharing system pertama di Indonesia

Minggu lalu, Nyaikel Cycle berkesempatan maen ke Bandung, pengen nyobain bike sharing system disana yang baru aja launching. Namanya  BikeBdg yang punya jargon "Ngabring Biking". BikeBdg ini merupakan bikeshare pertama di Indonesia, dan pertama di Asia Tenggara.

Salah satu shelter yang udah beroperasi. Lokasi depan kampus ITB.

Bandung sebagai tujuan wisata orang2 jakarta pada saat weekend menurut saya sangat cocok buat dipakein sistem bike sharing. Jadi diharapkan mulai sekarang pendatang dari Jakarta pada saat weekend ke Bandung cukup naik bis, kereta, atau travel aja, terus pinjem sepeda di BikeBdg, asik kan ga macet lagi.

Pos peminjaman, tempat penjaga shelter bertugas. Lokasi Cikapayang Dago.

Bagaimana dengan sistem peminjamannya? Jadi kalau mau minjem sepeda BikeBdg ini kalian cukup dateng ke shelter terdekat, ntar disana ada petugas penjaga shelter yang bakal minta anda ninggalin KTP (khusus member cukup nunjukkin member pada saat meminjam), terus petugas juga bakal mencatat jam saat anda meminjam. Nantinya kalau udah beres minjem, kalian bisa balikin ke shelter mana aja yang terdekat dengan tujuan anda (buat yang ga member terpaksa balikin ke shelter semula buat ambil KTP). Ntar petugas bakal tagih ongkos sewa sesuai dengan lama anda meminjam BikeBdg. Gampang kan? Terus gmn caranya kalau mau jadi member? Untuk saat ini pelayanan pembuatan member untuk umum baru ada saat berlangsungnya Car free day di Dago Bandung, tepatnya di depan RS Borromeus, disana udah standby dari pagi teman-teman dari BikeBdg untuk memfoto dan mendata kalian. Biayanya cukup 75ribu buat jadi member, kemarin lupa nanya itu buat per tahun atau gmn. Serunya, kalian bisa ekspresi dan pose bebas sesuai yang kalian mau buat dijadiin foto di kartu member kalian. Buat yang narsis pasti suka.

Kang @eka_oL33g , penjaga shelter Cikapayang sedang mengawasi sepeda yang dipinjam. Laris euy.

BikeBdg ini beroperasi tiap hari dari jam 6 pagi sampe jam 6 sore. Bagaimana kalau mau minjem sampe malem? Sayang sekali belom bisa. Saya juga sempet nanya ke petugas shelter, ada ga paket sewa harian, soalnya saya rencana mau minjem sabtu minggu. Tetapi mungkin karena baru launching, BikeBdg belum bisa sediain.

 Kang Eka lagi bantuin setting ketinggian saddle sepeda buat peminjamnya. Sembari Ibu sang anak nungguin pake BikeBdg juga.

Jenis sepeda yang disewain pun macem2, mulai dari citybike, seli, dan mtb (mtb ada versi e-bike nya juga). Harganya cukup murah cuma 3000/jam dan 5000/jam buat sepeda listriknya. Tapi kemaren sempet kecewa juga waktu tau hari minggu harganya naik jadi 10000/jam. Waktu saya tanya penjaganya, katanya kalau hari biasa sepi yang pinjem jadi terpaksa minggu yang rame harganya dinaikin? Kaget juga, awalnya mau minjem dari siang sampe sore buat muter2 Bandung, jadinya cuma minjem sejam doank deh, mending naik angkot. Sebenernya kalau mau naikkin harga sah-sah aja sih, apalagi buat rekreasi di hari minggu. Tapi kalo BikeBdg ini tujuannya buat sepeda harian dan dipinjam sebagai alternatif alat transportasi yang ada, saya rasa terlalu mahal. Buat saya pribadi yang waktu itu ke Bandung ga pake kendaraan pribadi, jadi mikir2 ulang. Saran sih kalau mau dinaikkin harganya khusus yang di Car Free Day aja, shelter lain harga normal, karena kalau buat peminjam yang emang mengandalkan sepeda BikeBdg buat kemana-mana dan bukan buat rekreasi doank itu terasa mahal.

Saya lagi nyobain BikeBdg.

BikeBdg ini mudah2an jadi pelopor sistem bike sharing buat kota-kota lainnya di Indonesia. Mudah2an ini adalah solusi transportasi di Indonesia yang udah carut marut menghadapi invasi produsen kendaraan bermotor dari luar. Memang sih awalnya semua pasti masih banyak kekurangan dan hambatan, memang sih BikeBdg ini belom bisa secanggih bike system sharing di Eropa. Tapi yang kita butuhkan saat ini adalah action, mulai dari diri sendiri aja dulu, beruntung buat Bandung udah ada yang memfasilitasi peminjaman sepeda.

 Seseorang yang lagi menikmati kota Bandung pake BikeBdg.

Kalian bisa follow twitternya di @BikeBdg

Ngabring biking, and enjoy your BikeBdg!

2 comments:

  1. Kmrn baru liat shelternya yg di bubat. Solusi bagus bgt buat nguranin polusi sama kemacetan di bandung. jangan sampe deh bandung macetnya jadi separah jakarta. jadi costnya sekarang 10000/jam ya?? itu khusus untuk hari minggu atau hari biasa jadi segitu juga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miss Invisible,sistem ini cocok bgt diterapin di Bandung, yang tiap weekend selalu kedatengan tamu dr Jakarta. Mudah2an efektif ya ;) cost 10000 itu waktu nyobain hari minggu di shelter ganesha depan ITB. kmrn sempet lapor ke Kang Emil @ridwankamil katanya mau dikonfirmasi, ga tau skrg masih segitu ga, belum sempet ke Bandung lg hehe. hari biasa tetep kok 3000/jamnya. Ngabring biking yuk ;D

      Delete